Sakit punggung, buaya di Brazil diobati dengan akupuntur

Kamis, 29 Agustus 2013 - 14:14 WIB
Sakit punggung, buaya di Brazil diobati dengan akupuntur
Sakit punggung, buaya di Brazil diobati dengan akupuntur
A A A
Sindonews.com – Seekor buaya albino, ditempatkan di sebuah akuarium di Sao Paulo, Brazil sejak 2007. Buaya itu, menurut dokter hewan menderita skoliosis sejak delapan tahun lalu, dan kini tengah dicoba diobati seperti cara manusia, yakni akupuntur.

Seminggu sekali, beberapa jarum ditusukkan di belakang punggung buaya itu. Hebatnya, sejak menjalani pengobatan akupuntur, buaya itu bisa menggerakkan ekor, kaki dan punggungnya, yang selama ini tidak mampu digerakkan.

Dokter hewan di Sao Paulo, memutuskan untuk melakukan pengoobatan tusuk jarum itu pada awal 2011 lalu. ”Akupuntur tersebut akan mengurangi rasa sakit dan menjaga semua fungsi vitalnya,” kata Rafael Gutierrez, seorang ahli biologi dari Sao Paulo, seperti dikutip Daily Mail, Kamis (29/8/2013).

Menurutnya, akupuntur dilakukan 30 menit setiap kali pengobatan. Itu pun, jika buaya tersebut bisa diajak kerjasama. Akupunktur pada hewan menjadi semakin umum di seluruh dunia.

Para ahli biologi di Sao Paulo, mengatakan, pengobatan seperti itu juga dilakukan untuk kucing, anjing dan kuda. Pengobatan seperti itu sudah dipraktikkan di China sekitar 1.000 tahun yang lalu , dan dicoba di Eropa pada abad ke-17
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6452 seconds (0.1#10.140)