Kebakaran hutan di AS makin meluas

Selasa, 27 Agustus 2013 - 15:25 WIB
Kebakaran hutan di AS makin meluas
Kebakaran hutan di AS makin meluas
A A A
Sindonews.com – Kebakaran hutan yang melanda Taman Nasional Yosemite, AS, semakin meluas pada Selasa (27/8/2013). Kebakaran itu juga mengancam pasokan air waduk di San Fransisco, karena sampai saat ini petugas belum bisa menjinakkan kobaran api.

Pejabat Kota San Fransico, mengatakan, mereka mengambil air dari waduk lebih sedikit, dan terus memantau kadar kontaminasi air akibat kebakaran tersebut. Kebakaran ini juga mengancam ribuan rumah dan beberapa pohon raksasa ternama di California.

”Kebakaran ini terus menjadi tantangan bagi kami," kata Daniel Berlant, pejabat dari Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California, seperti dikutip BBC. ”Pemadaman kebakaran sangat sulit.”

Kebakaran itu terjadi sejak 17 Agustus 2013 di Hutan Nasional Stanislaus. Penyebab kebakaran sampai saat ini belum diketahui. Kebakaran telah menghanguskan area taman seluas 160.000 hektar lebih. Sebagian besar wilayah yang hangus adalah hutan di sebelah barat taman Yosemite.

Juru bicara Dinas Kehutanan AS, Trevor Augustino, mengatakan, kobaran api diperkirakan bergerak kea rah timur mulai semalam. Juru bicara Komisi Utilitas Publik San Fransisco, Suzanne Gautier, mengatakan, kebakaran itu belum berdampak pada kualitas air. ”Ada kobaran api yang terus-menerus, tapi tidak ada perubahan atau dampak terhadap kualitas air,” katanya, dikutip Reuters.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5255 seconds (0.1#10.140)