Ikhwanul Muslimin serukan demo selama satu pekan

Sabtu, 17 Agustus 2013 - 01:34 WIB
Ikhwanul Muslimin serukan demo selama satu pekan
Ikhwanul Muslimin serukan demo selama satu pekan
A A A
Sindonews.com – Ikhwanul Muslimin Mesir pada Jumat (16/8/2013), menyerukan aksi protes selama satu pekan. Seruan ini dilayangkan Ikhwanul Muslimin setelah ribuan pengikutnya berunjuk rasa di kota-kota yang berbeda di Mesir untuk mengecam tindakan keras kekerasan terhadap pengikut mereka pada pekan ini.

"Kami menyerukan kepada rakyat Mesir dan kekuatan nasional untuk melakukan protes setiap hari sampai kudeta berakhir," kata kelompok pendukung presiden terguling Mohamed Morsi itu, seperti dikutip dari Reuters. Pernyataan ini mengacu pada kudeta yang dilakukan militer pada Morsi pada awal Juli silam.

Dalam aksi demo yang digelar sejak berakhirnya salat Jumat, dilaporkan korban tewas kembali berjatuhan. Menjelang malam hari waktu setempat, korban tewas telah menembus angka 100 jiwa. Korban tewas dalam bentrokan terbaru ini menambah panjang daftar tewas akibat aksi brutal aparat Mesir terhadap pendukung Morsi.

Seperti dilaporkan Al Jazeera yang mengutip beberapa sumber berita, 95 orang tewas di Kairo, delapan di Damietta, tujuh di Alexandria, dan empat di Ismailia. Semua korban tewas ini adalah pendukung presiden terguling Mohamed Morsi.

Ikhwanul Muslimin mengecam aksi kekerasan terbaru. Mereka mengatakan, para pemimpin kudeta telah "kehilangan pikiran mereka" dan tanpa etika dan tak mengindahkan nilai-nilai. “Kudeta telah gagal, dan sudah waktunya bagi para pemimpin untuk menerima itu,” sebut pernyataan Ikhwanul Muslimin, seperti dikutip dari Al Jazeera.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5332 seconds (0.1#10.140)