Jumlah korban tewas bentrokan di Mesir menyentuh angka 638 jiwa

Jum'at, 16 Agustus 2013 - 13:50 WIB
Jumlah korban tewas...
Jumlah korban tewas bentrokan di Mesir menyentuh angka 638 jiwa
A A A
Sindonews.com – Kementerian Kesehatan Mesir menyatakan, setidaknya 638 orang telah tewas akibat aksi kekerasan pada Rabu (14/8/2013). Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mesir, Mohammed Fathallah kepada APP, Kamis (15/8/2013), bahwa jumlah cedera juga telah meningkat menjadi 3.994 orang.

Fathallah mengatakan, 288 orang mati terbunuh dalam operasi pembersihan kamp pendukung presiden terguling Mohamed Morsi di Kairo. Aksi kekerasan itu mendorong bentrokan di tempat lain di Kairo dan kota-kota lainnya di Mesir.

Tindakan keras aparat Mesir ini telah memicu kecaman dari berbagi pihak di dunia. Keapala HAM PBB, Navi Pillay, telah menuntut digelarnya penyelidikan luas terhadap operasi brutal aparat keamanan Mesir saat membubarkan kamp pengungsi pendukung Morsi.

"Harus ada, penyidikan yang imparsial, efektif, dan kredibel independen dari perilaku aparat keamanan. Siapapun yang terbukti bersalah melakukan pelanggaran harus dimintai pertanggungjawaban," kata Pillay dalam sebuah pernyataan.

Sementara China menyerukan semua pihak di Mesir "menahan diri secara maksimum". “Beijing sangat khawatir dengan perkembangan terakhir di Mesir,” kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan yang dimuat di situsnya, seperti dikutip dari Xinhua.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9627 seconds (0.1#10.140)