Dua menteri Jepang kunjungi Kuil Yasukuni

Kamis, 15 Agustus 2013 - 13:38 WIB
Dua menteri Jepang kunjungi Kuil Yasukuni
Dua menteri Jepang kunjungi Kuil Yasukuni
A A A
Sindonews.com – Dua menteri Jepang pada Kamis (15/8/2013) pagi mengunjungi kuil Yasukuni, sebuah langkah yang bisa membahayakan rasa saling percaya antara Jepang dan negara-negara tetangganya.

Kunjungan ke kuil yang dibangun untuk menghormati para pejuang Jepang yang tewas di Perang Dunia II itu dilakukan oleh Menteri Komunikasi Yoshitaka Shindo dan Keiji Furuya, menteri negara yang bertanggung jawab atas penculikan warga Jepang oleh Korea Utara di masa lalu.

Seperti dilaporkan Xinhua, mereka datang ke kuil itu secara terpisah, pada pukul 8-9 pagi dan meninggalkan kuil tersebut setelah melakukan kunjungan selama 15 menit. Kepada wartawan yang berada di kuil itu, Shindo mengaku melakukan kunjungan sebagai pribadi dan bukan sebagai menteri negara.

Shinjirou Koizumi, putra mantan perdana menteri Junichiro Koizumi, juga mengunjungi Kuil Yasukuni di pagi hari. Kunjungan berulang kali ke kuil kontroversial yang dilakukan oleh para pemimpin Jepang dan anggota parlemen telah menjadi kendala utama bagi Jepang untuk memperbaiki hubungan dengan tetangganya, terutama China dan Korea Selatan (Korsel).

Selama Perang Dunia II, China dan Korsel adalah negara Asia yang menjadi korban penjajahan Jepang. Ada bukti tak terbantahkan, bahwa militer Jepang bertanggung jawab untuk kejahatan agresi selama Perang Dunia II.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6332 seconds (0.1#10.140)