Protes kekuasaan China, biksu Tibet bakar diri di Nepal

Selasa, 06 Agustus 2013 - 12:14 WIB
Protes kekuasaan China, biksu Tibet bakar diri di Nepal
Protes kekuasaan China, biksu Tibet bakar diri di Nepal
A A A
Sindonews.com - Seorang biksu Tibet membakar diri di Ibu Kota Nepal, Selasa (6/8/2013). Aksi nekat itu, diyakini sebagai bentuk protes terbaru terhadap kekuasaan China atas tanah air mereka.

Seorang pejabat polisi setempat, Manoj Chetri, mengatakan, pria itu membakar diri di dekat kuil Boudhanath, di timur laut Katmandu. ”Ia dibawa ke rumah sakit Universitas Tribhuwan dalam kondisi kritis dengan tubuh terbakar,” tulis ABC News, mengutip keterangan polisi tersebut.

Biksu itu membakar diri di sebuah gang yang jauh dari keramaian. Polisi dan warga berupaya memadamkan api dengan alat pemadam kebakaran, dan bergegas membawanya ke rumah sakit.

Polisi sedang menyelidiki motif biksu itu membakar diri. Ini adalah aksi bakar diri dari warga Tibet di Nepal yang kedua pada tahun ini. Sebelumnya, aksi serupa terjadi pada Februari 2013.

Ribuan pengungsi Tibet tinggal di Nepal dan banyak dari mereka tinggal di sekitar Boudhanath, yang dikelilingi oleh biara-biara Budha. Lebih dari 100 orang Tibet di tanah air leluhur mereka, atau di wilayah yang dekat dengan China mengorbankan diri sejak 2011. Mereka memprotes kekuasaan China, dan minta pemimpin spiritual mereka, Dalai Lama, kembali ke Tibet.

Cina mengatakan, Dalai Lama merupakan penghasut warga untuk melakukan protes. Sedangkan Dalai Lama sendiri menepis tuduhan pemerintah China itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5337 seconds (0.1#10.140)