Ribuan loyalis Morsi berkumpul di Kairo

Selasa, 30 Juli 2013 - 14:29 WIB
Ribuan loyalis Morsi berkumpul di Kairo
Ribuan loyalis Morsi berkumpul di Kairo
A A A
Sindonews.com - Ribuan pendukung Presiden Mesir terguling, Mohamed Morsi, berkumpul di Nasr City, Kairo, pada Selasa (30/7/2013). Mereka menuntut kekuasaan Morsi dikembalikan.

Kelompok Aliansi Islam yang pro-Morsi, seperti dikutip Press TV, mendesak semua pendukung Morsi untuk mengutuk tindakan kriminal dan penembakan dengan peluru tajam oleh kementerian dalam negeri terhadap demonstran damai.

Seruan itu muncul, saat Dewan Pertahanan Nasional negara, sebelumnya telah memberi peringatan keras. ”Mengambil tindakan tegas, jika para pemrotes berlebihan dalam melakukan aksi damai,” bunyi pernyataan Kementerian dalam negeri.

Negara di kawasan Afrika Utara ini telah menjadi ajang peningkatan kekerasan, sejak kepala angkatan bersenjata Mesir, Jenderal Abdel Fattah al-Sisi, mengatakan pada 3 Juli bahwa Morsi tidak lagi menjadi presiden. Kemudian ia menunjuk kepala Mahkamah Agung Konstitusi, Adly Mansour sebagai presiden sementara Mesir.

Pada 27 Juli 2013 lalu, ratusan orang tewas dan puluha lainnya terluka dalam bentrokan antara pendukung dan penentang Morsi di seluruh negeri. Sementara itu, Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton, telah melakukan perjalanan ke Mesir, setelah Morsi digulingkan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4761 seconds (0.1#10.140)