UNHCR kutuk rencana Australia kirim pencari suaka ke PNG

Jum'at, 26 Juli 2013 - 14:29 WIB
UNHCR kutuk rencana Australia kirim pencari suaka ke PNG
UNHCR kutuk rencana Australia kirim pencari suaka ke PNG
A A A
Sindonews.com - Badan pengungsi PBB (UNHCR) telah mengutuk rencana Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd, yang akan mengirim setiap pencari suaka ke Papua Nugini (PNG). Badan itu memperingatkan, bahwa pencari suaka menghadapi bahaya fisik dan psikologis dan mungkin tidak diterima masyarakat lokal PNG.

Dalam sebuah pernyataan, Jumat (26/7/2013), UNHCR telah meninjau kebijakan yang diumumkan oleh Kevin Rudd, pekan lalu. UNHCR menilai rencana itu, sebagai solusi yang tidak cocok bagi manusia perahu (julukan pencari suaka).

”Hal ini termasuk kurangnya kapasitas dan keahlian (para pencari suaka). Itu kondisi fisik yang buruk dalam penahanan terbuka, dan sewenang-wenang," kata lembaga itu, seperti dikutip theaustralian.com.au. ”Ini bisa berbahaya bagi fisik dan psiko-sosial, terutama keluarga dan anak-anak."

Alasan berbahaya yang disampaikan UNHCR, karena tidak adanya jaminan perlindungan yang tepat bagi pencari suaka yang akan dikirim ke PNG. Terlebih, permukiman permanen bagi pengungsi di PNG menjadi masalah besar.

UNHCR akan terus berkonsultasi dengan Australia terkait kebijakan Kevin Rudd yang kontroversial itu. Badan ini mengakui, bahwa upaya kerjasama yang lebih besar diperlukan untuk menghentikan gelombang para pencari suaka.

Menteri Imigrasi Australia, Tony Burke mengatakan pemerintah akan bekerja secara konstruktif dengan UNHCR untuk membuat solusi bagi pencari suaka.

”Kami tidak ingin melihat adanya kapal pencar suaka yang tenggelam di Samudra Hindia,” katanya. ”Kami bekerja sama dengan pemerintah Papua Nugini untuk mencari penyelesaian yang berbeda di Papua Nugini.”
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6340 seconds (0.1#10.140)