Jepang tawarkan teknologi kereta api cepat ke Malaysia

Kamis, 25 Juli 2013 - 22:56 WIB
Jepang tawarkan teknologi kereta api cepat ke Malaysia
Jepang tawarkan teknologi kereta api cepat ke Malaysia
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Jepang pada Kamis (25/7/2013), menawarkan teknologi untuk membangun kereta api kecepatan tinggi dan infrastruktur lainnya pada Malaysia. Tawaran ini disampaikan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe dalam kunjungan ke Malaysia.

"Malaysia dan Jepang sepakat untuk bekerja sama dalam teknologi tinggi. Jepang menyediakan teknologi dalam pembangunan kereta api, air, dan pengolahan limbah kecepatan tinggi," kata Abe kepada wartawan pada konferensi pers dengan rekannya dari Malaysia, Najib Razak, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Pada Februari silam, Singapura dan Malaysia mengumumkan rencana untuk membangun jaringan rel kereta api. Pembangunan infrastuktur baru ini akan memotong waktu perjalanan dari Singapura ke Kuala Lumpur, Malaysia, menjadi hanya 90 menit.

Ditargetkan, proyek ini akan selesai pada 2020 mendatang. Ide ini telah muncul pada era 1990-an, namun berkali-kali ditangguhkan karena pertimbangan besarnya biaya. Media Malaysia melaporkan, proyek ini kemungkinan akan menelan biaya USD3,5 miliar.

Abe sendiri saat ini tengah melakukan tur ke Asia Tenggara. Setelah Malaysia, Abe berencana mengunjungi Singapura dan Filipina. Abe memang berharap untuk memperkuat hubungan dengan negara-negara Asia Tenggara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6481 seconds (0.1#10.140)