Obama akan hadiri pertemuan G20 di Rusia

Sabtu, 20 Juli 2013 - 23:41 WIB
Obama akan hadiri pertemuan...
Obama akan hadiri pertemuan G20 di Rusia
A A A
Sindonews.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama akan menghadiri KTT Kelompok Dua Puluh (G20) yang dijadwalkan berlangsung pada September mendatang di Kota St Petersburg, Rusia.

Kepastian ini disampaikan Gedung Putih, Jumat (19/7/2013), meski sebelumnya sempat muncul permintaan dari dua senator AS, agar lokasi KTT G20 dipindahkan, terkait masih bercokolnya buronan intelijen AS, Edward Snowden di bandara Moskow.

"G20 adalah persatuan 20 negara, Rusia adalah tuan rumah G20 tahun ini di St Petersburg," kata Juru Bicara Gedung Putih, Jay Carney pada konferensi pers regular, seperti dikutip dari Channel News Asia.

"Dan adalah niat kami, niat presiden, untuk melakukan perjalanan ke Rusia untuk pertemuan itu," tambahnya. Namun, Carney tidak mengatakan, apakah Obama akan melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, seperti yang direncanakan menjelang pertemuan G20.

Satu hari sebelumnya, Senator dari partai Republik Lindsey Graham dan rekan Demokratnya, Chuck Schumer, telah meminta perpindahan lokasi KTT G20, terkait dengan kasus Snowden.

Carney mengulangi sikap Washington soal Snowden, yang seharusnya diusir dan kembali ke AS untuk menghadapi tuduhan "membocorkan informasi rahasia yang tidak sah dan sangat sensitif."
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5122 seconds (0.1#10.140)