Dua Korea gagal sepakati pemulihan zona industri Kaesong

Kamis, 18 Juli 2013 - 22:40 WIB
Dua Korea gagal sepakati pemulihan zona industri Kaesong
Dua Korea gagal sepakati pemulihan zona industri Kaesong
A A A
Sindonews.com – Pembicaraan tingkat kerja ke-4 yang dilakukan Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut), Rabu (17/7/2013), lagi-lagi berakhir tanpa kesepakatan apa pun. Kondisi ini membuat peluang beroperasinya kembali zona industri bersama Kaesong, menjadi tak jelas.

Sama seperti pembicaraan tingkat kerja sebelumnya, kedua Korea hanya menyepakati pembicaraan tahap selanjutnya. Seperti dilaporkan Xinhua, Kosel dan Korut sepakat menggelar pembicaraan tingkat kerja ke-5 pada awal pekan depan di Kaesong.

Pembicaraan tingkat kerja ke-5 ini tetap mengusung agenda utama pemulihan zona industri Kaesong yang sudah berhenti beroperasi selama tiga bulan terakhir. Selama ini, Seoul telah meminta Pyongyang untuk mengambil tanggung jawab atas kerusakan yang dialami pabrik-pabrik milik perusahaan Korsel, akibat penutupan sepihak oleh Korut.

Selain itu, Korsel juga meminta jaminan dari Korut, bahwa insiden seperti ini tak akan terulang di kemudian hari. Korsel juga menuntut zona industri Kaesong dikembangkan menjadi sebuah taman pabrik internasional, yang memungkinkan perusahaan asing untuk berinvestasi di sana.

"Pihak kita mengajukan pertanyaan tentang materi kesepakatan pada jaminan pencegahan kambuhan, tetapi sikap sisi Utara (Korut) tidak membuat kemajuan," kata Kim Kiwoong, anggota delegasi Seoul dan Direktur Jenderal hubungan antar-Korea Kementerian Unifikasi.

Kim mencatat, bahwa kesenjangan yang besar antara Seoul dan Pyongyang, adalah soal jaminan institusional untuk menormalkan kawasan industri Kaesong dalam cara yang produktif.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7665 seconds (0.1#10.140)
pixels