Astronot Italia tersiksa gara-gara helmnya dipenuhi air

Rabu, 17 Juli 2013 - 16:24 WIB
Astronot Italia tersiksa gara-gara helmnya dipenuhi air
Astronot Italia tersiksa gara-gara helmnya dipenuhi air
A A A
Sindonews.com – Astronot Italia, Luca Parmitano saat berada di ruang angksa nyaris tersedak, Selasa (16/7/2013) kemarin. Musababnya, air sebanyak satu sampai lima liter merembes ke dalam helmnya.

Parmitano, bersama astronot AS, Chris Cassidy, menjalankan misi ke ruang angkasa NASA selama dua Minggu. Para astronot itu sebenarnya ditugaskan untuk melakukan pemeliharaann rutin Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Saat menjalankan misinya, Parmitano begitu tersiksa, karena kemampuan melihat dan mendengarnya berkurang. Semua itu, akibat helmnya dipenuhi air. Gara-gara insiden itu, misi NASA jadi terganggu.

NASA kini tengah meneliti penyebab kebocoran helm astronot Italia itu. Dugaan sementara, air yang memenuhi helm Parmitano, berasal dari tas minuman.”Ini, airnya banyak,” kata Parmitano, setelah itu ia tak bisa bicara lagi, karena helmnya penuh air.

Pejabat NASA mendeskripsikan kesulitan yang dialami Parmitano. ”Bagaimana saya bisa keramas di ruang angksa,” kata pejabat NASA, menirukan ucapan Parmitano dalam tayangan video seperti dikutip Telegraph.

Menurut pejabat NASA, butuh waktu 24 menit untuk menolong Parmitano dari air yang nyaris membahayakan jiwanya di ruang angkasa. Terlebih, ia kesulitan melihat dan mendengar. ”Dia tampak menderita. Tapi Oke,” kata Cassidy. ”Rasa airnya aneh, tidak seperti air kami dari dispenser.”

Perawatan ruang angkasa itu semestinya berlangsung 6,5 jam. Tapi, gara-gara masalah air, misi mereka dipercepat menjadi satu jam dan 32 menit.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4870 seconds (0.1#10.140)