Obama puji penangkapan bos kartel narkoba Zates

Rabu, 17 Juli 2013 - 10:47 WIB
Obama puji penangkapan bos kartel narkoba Zates
Obama puji penangkapan bos kartel narkoba Zates
A A A
Sindonews.com – Presiden AS, Barack Obama memuji kinerja Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto, yang pemerintahnya berhasil menangkap pimpinan kartel narkoba Zates, Miguel Angel Trevino, di negara itu. Menurutnya, komitmen memerangi narkoba yang dikampanyekan Nieto telah teruji.

”Itu menunjukkan, bahwa pemerintahan baru Presiden Pena Nieto serius melanjutkan upaya untuk memerangi operasi narkoba transnasional,” kata Obama, kemarin, dikutip Reuters, Rabu (17/7/2013).

Semula AS khawatir kepemimpinan Pena Nieto, akan berdampak pada kampanye perdagangan narkoba secara agresif di Meksiko, seperti yang terjadi pada pemimpin Meksiko sebelumnya, Felipe Calderon.

Namun, pendekatan baru Nieto, kata Obama, tebukti efektif untuk memerangi perdagangan narkoba. ”Dia menunjukkan kepada saya bahwa ia mengakui perlunya untuk menangani kasus kartel narkoba transnasional ini secara serius,” kata Obama. ”Dan saya pikir ini adalah buktinya.”

AS mengklaim mengambil peran dalam membatasi pasar narkoba dan distribusi senjata ke Meksiko. ”Kami ingin memastikan bahwa mereka tahu bahwa kita (AS-Meksiko) mitra,” ujar Obama.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4882 seconds (0.1#10.140)