Presiden Venezuela menanti kedatangan Snowden

Selasa, 09 Juli 2013 - 22:41 WIB
Presiden Venezuela menanti kedatangan Snowden
Presiden Venezuela menanti kedatangan Snowden
A A A
Sindonews.com – Presiden Venezuela, Nicolas Maduro meminta buronan intelijen Amerika Serikat (AS) Edward Snowden untuk memutuskan, apakah dia akan terbang ke Caracas.

"Kami telah menerima surat permohonan suaka," kata Maduro pada wartawan dari istana Kepresidenan Venezuela, Senin (8/7/2013). "Dia harus memutuskan, kapan akan terbang, jika ia akhirnya ingin terbang ke sini," lanjut Maduro, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Selama akhir pekan, para pemimpin sayap kiri Venezuela, Nikaragua, dan Bolivia menawarkan suaka kepada Snowden. Pria berusia 30 tahun itu telah menghabiskan waktu lebih dari dua pekan di ruang transit internasional Bandara Moskow.

"Kami mengatakan pada pemuda ini, 'Anda sedang dianiaya oleh kekuatan besar, datang ke sini," kata Maduro, merujuk ke AS. Ia menyebut tawaran dari tiga negara Amerika Latin sebagai suaka politik kemanusiaan kolektif.

Maduro mengaku, hingga kini ia belum pernah melakukan kontak dengan Snowden. "Tidak, belum. Tapi, aku ingin berbicara dengan Snowden,” kata Maduro. Snowden sendiri sebelumnya dilaporkan telah mengajukan suaka ke 27 negara, namun sejumlah negara Barat denan tegas menolak pengajuan suaka Snowden itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6081 seconds (0.1#10.140)
pixels