Obama isyaratkan menarik pasukan AS dari Afghanistan

Selasa, 09 Juli 2013 - 13:48 WIB
Obama isyaratkan menarik pasukan AS dari Afghanistan
Obama isyaratkan menarik pasukan AS dari Afghanistan
A A A
Sindonews.com – Presiden AS, Barack Obama, secara serius mempertimbangkan penarikan semua pasukan AS dari Afghanistan pada tahun 2014. Demikian disampaikann seorang pejabat senior Pemerintah AS kepada CNN, Selasa (9/7/2013).

Pernyataan itu muncul, setelah The New York Times menulis laporan bahwa, pemerintah AS akan mempercepat penarikan pasukannya secara total dari Afghanistan.

Sampai saat ini, para pejabat AS dan Afghanistan telah mendiskusikan rencana untuk menjaga Afghanistan dari pemberontak dan melatih personel keamanan Afghanistan.

Namun Obama, dalam beberapa bulan terakhir, mulai frustrasi berurusan dengan Presiden Afghanistan, Hamid Karzai.

Hubungan mereka semakin memburuk, setelah bulan lalu AS berniat melakukan pembicaraan damai dengan Taliban. Karzai bereaksi dengan memotong rencana perundingan yang akan dilakukan AS, dan mengalihkan topik pembicaraan terkait kondisi Afghanistan tanpa pasukan AS pasca-2014 nanti.

Keputusan AS menarik semua pasukannya di Afghanistan pada 2014 adalah satu-satunya pilihan dari semua skenario yang direncanakan AS. ”Jika AS menarik semua pasukannya, situasi itu akan sama dengan yang terjadi di Irak,” tulis CNN, dalam laporannya.

Penolakan pasukan AS di Irak oleh Pemerintah Irak, usai berakhirnya perang menjadi alasan utama AS meninggalkan negara itu tanpa militer terlatih.

Sementara, Karzai ingin tentara AS tetap di Afghanistan setelah misi NATO berakhir tahun depan. Namun, dia juga sangat kritis terhadap tentara AS yang berada di negerinya selama bertahun-tahun, menyusul adanya insiden pasukan AS telah membunuh warga sipil.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5212 seconds (0.1#10.140)