Ledakan bom bunuh 3 tentara Yaman

Sabtu, 06 Juli 2013 - 17:35 WIB
Ledakan bom bunuh 3 tentara Yaman
Ledakan bom bunuh 3 tentara Yaman
A A A
Sindonews.com - Sebuah bom pinggir jalan di Ibu Kota Yaman, Sanaa, menewaskan tiga tentara dan melukai dua tentara lainnya, saat mereka patroli pada Sabtu (6/7/2013) dini hari. Pejabat setempat mengatakan, serangan bom itu ditargetkan pada mobil di Distrik al-Hasaba, Sanaa.

Lokasi serangan bom itu, merupakan wilayah yang dikuasai oposisi yang pernah berupaya menggulingkan mantan Pemimpin Yaman, Ali Abdullah Saleh awal tahun lalu. ”Belum tahu kelompok mana yang melakukan serangan bom,” tulis Reuters, mengutip pejabat tersebut.

Yaman adalah negara Arab termiskin. Namun, negara itu dilanda berbagai pemberontakan. Di antaranya pemberontakan kaum Syiah di wilayah utara, gerakan separatis di selatan, dan perpecahan militer.

Washington dan negara-negara Arab Teluk khawatir, kelompok militan bisa bebas beroperasi di negara miskin tersebut, dan bisa mengancam stabilitas di semenanjung Arab.

Yaman, yang berbatasan dengan pengekspor minyak, Arab Saudi dicurigai menjadi rute kelompok militan al-Qaeda di Semenanjung Arab. Transisi politik di Yaman juga tidak menentu, setelah protes massal muncul tahun 2012 dan melengserkan Presiden Saleh. Hingga dua tahun, Yaman dikendalikan oleh pemerintahan sementara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6071 seconds (0.1#10.140)