Spanyol menolak minta maaf kepada Morales

Jum'at, 05 Juli 2013 - 17:02 WIB
Spanyol menolak minta maaf kepada Morales
Spanyol menolak minta maaf kepada Morales
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Spanyol pada Jumat (5/7/2013), mengatakan, tidak ada alasan untuk meminta maaf kepada Presiden Bolivia, Evo Morales, yang pesawatnya dilarang masuk ke wilayah udara Spanyol. Pesawat Morales, pada Selasa lalu dipaksa mendarat darurat di Winna, Austria, karena dicurigai membawa buronan AS, Edward Snowden.

Selain Spanyol, Perancis, Portugal dan Italia juga mengeluarkan larangan serupa. Menteri Luar Negeri Spanyol, Jose Manuel Garcia-Margallo, mengatakan dalam sebuah wawancara di stasiun televisi pemerintah, bahwa, wilayah udara negara itu, tidak tertutup untuk pesawat pemimpin Bolivia.

Dia mengatakan, izin memasuki udara Spanyol untuk pesawat Morales diberikan pada Senin. Tapi, izin itu sudah habis, saat pesawat Morales berniat memasuki wilayah udara Spanyol.

Margallo mengklaim, izin tersebut kemudian diterbitkan kembali dan Pesawat Presiden Bolivia tersebut berhenti di Kepulauan Canary, Spanyol pada Rabu. Pada saat itu, pesawat Morales mengisi bahan bakar, guna meneruskan perjalanan pulang ke Bolivia.


”Spanyol tidak harus meminta maaf dengan cara apapun karena wilayah udaranya tidak pernah ditutup,” ujarnya, menjelaskan insiden yang memicu ketegangan diplomatik Eropa dengan negara-negara Amerika Latin, dikutip Reuters.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4760 seconds (0.1#10.140)