Koalisi partai Islam Mesir akan gelar protes damai

Jum'at, 05 Juli 2013 - 03:50 WIB
Koalisi partai Islam Mesir akan gelar protes damai
Koalisi partai Islam Mesir akan gelar protes damai
A A A
Sindonews.com – Sebuah koalisi partai-partai dan gerakan Islam Mesir, termasuk Ikhwanul Muslimin yang menyokong presiden terguling, Mohamed Morsi, telah menyerukan "protes damai" pada Jumat (5/7/213). Aksi ini dilakukan untuk mengecam kudeta yang dilakukan militer Mesir.

“Koalisi Nasional untuk Mendukung Legitimasi menyerukan protes damai pada Jumat di seluruh provinsi Mesir untuk mengecam kudeta militer terhadap legitimasi dan mendukung legitimasi Presiden Morsi," sebut seruan koalisi partai-partai Islam Mesir, seperti dikutip dari AFP.

Koalisi Nasional merancang aksi ini setelah salat Jumat dan meminta warga Mesir untuk ikut turun ke jalan mendukung aksi itu. Pernyataan itu dibacakan kepada pendukung Morsi yang berkumpul di Kairo Nasr City dan dikelilingi oleh kendaraan militer, sehari setelah Morsi digulingkan oleh militer.

Sebuah sumber militer mengatakan kepada AFP, bahwa para pendukung Morsi bebas untuk datang dan pergi, tapi mereka tetap diperiksa "untuk menjamin keamanan". Aparat keamanan dilaporkan tak berupaya membubarkan para pendukung Morsi ini.

Dalam pernyataan sebelumnya, Ikhwanul Muslimin dan lengan politiknya, Partai Kebebasan dan Keadilan, menyebut polisi telah melakukan teror dengan penangkap para pemimpin Ikhwanul Muslimin dan menutup jaringan satelit mereka.

Pada Rabu (3/7/2013) malam, militer Mesir mengkudeta kekuasaan Morsi dan menyerahkan kekuasaan pada Mansour. Setidaknya 11 orang tewas dan lebih dari 500 terluka dalam bentrokan antara pendukung dan penentang Morsi, sebelum terjadinya kudeta.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5735 seconds (0.1#10.140)