Pecahkan rekor dunia, 5.393 orang main angklung di Beijing

Senin, 01 Juli 2013 - 15:01 WIB
Pecahkan rekor dunia, 5.393 orang main angklung di Beijing
Pecahkan rekor dunia, 5.393 orang main angklung di Beijing
A A A
Sindonews.com- Sebanyak 5.393 orang dari berbagai latar belakang suku bangsa, berhasil memecahkan rekor yang dibukukan Guinness World Records. Ribuan orang itu memainkan angklung bersama di Beijing Worker’s Gymnasium, pada Minggu (30/6/2013).

Dikutip situs Kemlu RI, Senin (1/7/2013), acara itu digelar KBRI Beijing bersama Perhimpunan Persahabatan Indonesia–Tiongkok (PPIT). Rekor sebelumnya dipegang oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC, Amerika Serikat pada tahun 2011.

Sejumlah Dubes negara sahabat, bersama masyarakat dari sekitar 40 negara yang bermukim di Beijing, menikmati lagu-lagu yang disuguhkan para musisi dari orkestra Saung Angklung Udjo Bandung, Jawa Barat. Acara musik itu, dipandu Maestro Angklung, Daeng Udjo.

Beberapa lagu yang dimainkan, di antaranya, “Manuk Dadali” asal Indonesia, lagu favorit masyarakat Tiongkok ”Yueliang Daibiao Wo De Xin”, serta lagu internasional ”We are the World”.

Angklung merupakan alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu, dan berasal dari Jawa Barat yang diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia pada 2010. ”Pengakuan dunia terhadap angklung memacu semangat untuk memperkenalkan warisan budaya Indonesia ke seluruh dunia,” kata Dubes RI untuk Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Mongolia, Imron Cotan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5735 seconds (0.1#10.140)