Indonesia-Vietnam sepakat tingkatkan kerjasama di bidang hukum

Jum'at, 28 Juni 2013 - 13:14 WIB
Indonesia-Vietnam sepakat...
Indonesia-Vietnam sepakat tingkatkan kerjasama di bidang hukum
A A A
Sindonews.com - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Vietnam, Truong Tan Sang sepakat untuk terus meningkatkan kerjasama di bidang hukum.

Komitmen ini ditunjukan dengan penandatanganan Perjanjian Ektradisi dan Perjanjian Mutual Legal Assitance in Criminal Matters oleh Menteri Hukum dan HAM RI Amir Syamsudin dan Menlu Vietnam Pham Binh Minh usai pertemuan bilateral, disaksikan kedua Kepala Negara di Istana Merdeka,Kamis, (27/06/2013) sore, seperti dilansir Infomed, Kemenlu.

"Kami menyadari, baik Vietnam maupun Indonesia ingin bekerja sama secara tulus untuk memerangi kejahatan dan menegakkan keadilan yang berlaku di kedua negara, maupun di kawasan ini," ungkap SBY.

Dalam kesempatan itu, keduanya juga menyinggung kasus Laut Cina Selatan dan mengungkapkan keinginan untuk menyelesaikan masalah tersebut secara damai, tanpa kekerasan. "Kami sepakat agar semua permasalahan di Laut Timur/Laut China Selatan dapat diselesaikan sesuai dengan Hukum Internasional yang berlaku dan secara damai," terang SBY.

Selain itu, Presiden SBY mengungkapkan, Indonesia - Vietnam berkomitmen untuk terus melanjutkan apa yang telah disepakati di dalam Pertemuan ASEAN-Tiongkok dan akan terus mengusahakan gerak maju dari Declaration of Conduct of the Parties in South China Sea (DOC) menuju pembentukan suatu Code of Conduct (COC).

Sementara itu, Presiden Tan Sang berjanji akan terus mendukung langkah yang telah digagas ASEAN dalam pembangunan rezim yang lebih baik di Laut China Selatan. "Kami mendukung hasil-hasil yang telah disepakati oleh ASEAN terkait Laut Timur, terutama melalui Six Point Principles yang digagas oleh Indonesia", ungkap Presiden Tan Sang.

"Penanganan tensi di Laut Timur harus dilakukan secara damai, melakukan penahanan diri, dan tidak menggunakan Ancaman atau Kekerasan," imbuhnya.

Kunjungan kenegaraan ke Indonesia ini merupakan yang pertama kalinya, bagi Presiden Truong Tan Sang sejak dilantiknya pada tanggal 25 Juli 2011. Hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam telah dirintis sejak tahun 1955. Hubungan bilateral ini kemudian menjadi semakin erat dengan dibentuknya kemitraan kompresehensif pada tahun 2003.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)