Ribuan siswa SMA & mahasiswa ikut demo rusuh di Chili

Kamis, 27 Juni 2013 - 17:00 WIB
Ribuan siswa SMA & mahasiswa ikut demo rusuh di Chili
Ribuan siswa SMA & mahasiswa ikut demo rusuh di Chili
A A A
Sindonews.com- Ribuan pelajar SMA dan mahasiswa ikut turun ke jalan dan bergabung dengan demonstran anti-pemerintah di Chili. Dikutip The Guardian, Kamis (27/6/2013) para demonstran berhadapan dengan polisi anti-huru hara yang melancarkan tembakan gas air mata di Santiago, Chili.

Para demonstran yang dimulai oleh kelompok bertopeng menuntut adanya reformasi pendidikan di negara itu. Demo yang semula berjalan damai, menjadi rusuh. Massa telah merusak sejumlah toko dan menyerang kantor polisi.

Demo gabungan pelajar SMA, mahasiswa dan aktivis bertopeg menyebar di 30 lokasi. Demo itu berlangsung menjelang pemilihan presiden Minggu (30/6/2013) nanti.

Presiden Chili, Sebastián Pinera, memperingatkan para siswa, bahwa polisi anti-huru hara disiapkan, jika para siswa menolak menyerah dan berdialog secara damai. ”Kami tidak akan membiarkan minoritas, melompati hukum, berpura-pura untuk merebut 13 juta warga Chili yang memiliki hak demokrasi untuk berpartisipasi (dalam Pemilu),” katanya.

”Mereka bukan mahasiswa, mereka adalah penjahat dan ekstrimis," kata Menteri Keamanan, Andrés Chadwick. ”Mereka telah bertindak dengan cara yang terkoordinasi dan terencana untuk memprovokasi tindakan kekerasan.”

Polisi sudah menangkap 102 orang, dan empat petugas terluka dalam bentrok dengan para demonstran. Moisés Paredes, seorang pemimpin sekolah tinggi yang mewakili para siswa, mengatakan, bahwa pihaknya tidak mengetahui siapa yang mengendalikan para siswa untuk bergabung dalam demo rusuh itu.

Penolakan terhadap Pinera dan Pemilu, merupakan bagian dari serangan politik sepeti biasa. Demonstrasi di Chili nyaris sama dengan yang terjadi di Brazil. Mereka menuntut redistribusi yang lebih luas dari kekayaan tembaga Chili, untuk reformasi sistem pendidikan dan kenaikan pajak bagi orang kaya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6174 seconds (0.1#10.140)