2.551 WNI dipulangkan dari Suriah via Libanon

Kamis, 27 Juni 2013 - 02:15 WIB
2.551 WNI dipulangkan dari Suriah via Libanon
2.551 WNI dipulangkan dari Suriah via Libanon
A A A
Sindonews.com – ​KBRI Beirut di Libanon masih terus berupaya untuk melakukan repatriasi WNI yang berasal dari Suriah. Dalam kurun waktu Januari hingga Rabu (26/6/2013), jumlah WNI yang telah dipulangkan ke Tanah Air via Beirut sebanyak 2.551 orang.

Tercatat, sejak dibukanya rute pemulangan melalui Beirut pada September 2012 silam, total WNI yang berhasil dipulangkan KBRI Beirut ke Tanah Air sebanyak 3.429 orang. Menurut Dubes RI di Beirut, Dimas Samodra Rum, proses pemulangan ini bisa berjalan lancar karena adanya hubungan baik dengan otoritas Libanon.

"Hubungan baik dengan otoritas Libanon telah membuahkan hasil berupa kesediaan pihak setempat untuk membantu proses pemberian visa dengan masa tinggal 10 hari hingga 1 bulan, alias lebih panjang dari fasilitas visa yang mereka berikan sebelumnya," jelas Dimas, seperti dikutip dari situs resmi Kemlu RI.

Sejak awal pemulangan via Lebanon, KBRI Beirut telah mengupayakan dukungan dari Pemerintah Libanon untuk kelancaran pemulangan, dengan berhasil mendapatkan fasilitas penghapusan biaya visa untuk masa tinggal 2 x 24 jam.

Seiring dengan perkembangan, KBRI Beirut pun berhasil meningkatkan dukungan Pemerintah Libanon dengan diberikannya fasilitas penghapusan biaya visa untuk masa tinggal yang lebih lama, yakni sampai dengan 1 bulan bagi WNI kita yang akan masuk ke Lebanon.

Gratisnya biaya visa tersebut dirasa sangat memberikan keleluasaan waktu bagi Pemerintah Indonesia untuk menyiapkan tiket pesawat. Selama menunggu tiket, WNI ditampung di shelter KBRI Beirut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6101 seconds (0.1#10.140)