Robot Jepang akan temani astronot ke luar angkasa

Rabu, 26 Juni 2013 - 18:03 WIB
Robot Jepang akan temani astronot ke luar angkasa
Robot Jepang akan temani astronot ke luar angkasa
A A A
Sindonews.com - Sebuah robot yang bisa berbicara, akan menemani astronot Jepang untuk misi ke luar angkasa pada musim panas ini. Robot itu mengatakan, tur ke luar angkasa akan jadi salah satu lompatan raksasa bagi android.

Kirobo, nama robot itu menjawab sejumlah pertanyaan dari wartawan yang penasaran, tentang apa yang akan dia lakukan setelah berada di luar angkasa nanti.

”Ini mungkin terlihat langkah kecil, tetapi ini akan menjadi langkah besar, sebagai robot," kata robot humanoid berwarna hitam-putih yang dilengkapi sepatu merah terang itu, dalam konferensi pers di Tokyo, Rabu (26/6/2013).

Pencipta robot yang bisa bicara itu, Tomotaka Takahashi,mengatakan mereka mengirim robot ke luar angkasa untuk bertindak sebagai mitra yang akan mengobrol selama astronot Jepang, Koichi Wakata, tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) akhir tahun ini.

Selain Kirobo yang akan menjadi robot pertama untuk menjalankan misi ke luar angkasa, Wakata juga akan menjadi astronot Jepang pertama yang akan menginjakkan kakinya di ISS. ”Kirobo akan mengingat wajah Wakata, sehingga dapat mengenalinya ketika mereka bersatu kembali di ruang angkasa,” kata Tomotaka Takahashi. ”Dia akan menjadi robot pertama yang mengunjungi stasiun ruang angkasa,” lanjut dia.

Tinggi robot itu, hanya 34 cm (13,4 inci), dan beratnya sekitar satu kg (2,2 pon). Koboto merupakan android yang diprogram untuk berkomunikasi dalam bahasa Jepang dan menyimpan catatan dari percakapan dengan Wakata.

Robot yang memiliki berbagai macam gerak fisik tersebut, juga akan memainkan peran dalam beberapa misi. Salah satunya, menyampaikan pesan dari ruang kontrol untuk astronot. ”Dengan membawa robot ke ruang angkasa, pengembangan robot simbiosis ini diperkirakan akan bergerak lebih cepat," kata Takahashi, mengacu pada upaya pembuatan robot yang lebih mirip manusia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3999 seconds (0.1#10.140)