Kegagalan atasi perang Suriah jadi aib PBB

Rabu, 26 Juni 2013 - 16:12 WIB
Kegagalan atasi perang Suriah jadi aib PBB
Kegagalan atasi perang Suriah jadi aib PBB
A A A
Sindonews.com- Dubes AS untuk PBB, Susan Rice menyebut kelambanan Dewan Keamanan PBB untuk mengatasi perang saudara di Suriah sebagai aib. Demikian, sambutan Rice diakhir masa jabatannya sebagai Dubes tersebut.

Rice juga mengkritik Rusia dan China yang memveto tiga resolusi yang menjadi tekanan bagi Presiden Suriah, Bashar al-Assad.

Meski kecewa, utusan AS itu puas dengan pekerjaannya di PBB. ”(Ini) pekerjaan terbaik yang pernah kumiliki,” ucap Rice, dikutip BBC, Rabu (26/6/2013). Rice meninggalkan duta besar untuk menjadi penasihat keamanan nasional Presiden Barack Obama.

Obama telah mencalonkan Samantha Power, seorang penulis dan pemenang Pulitzer sekaligus mantan penasihat Gedung Putih, untuk menggantikan Rice.

Rice menggambarkan pengalamannya di PBB sebagai hal yang istimewa. ”Periode yang luar biasa,” ujarnya, sembari menyesal karena tidak bisa melakukan lebih banyak untuk membendung pertumpahan darah di Suriah.

”Saya sangat menyesal bahwa Dewan Keamanan telah gagal untuk bertindak tegas, sehingga lebih dari 90 ribu warga Suriah telah tewas dan jutaan lainnya kehilangan tempat tinggal,” katanya. ”Kelambanan Dewan Keamanan di Suriah adalah aib moral dan sejarah akan menghakimi (DK PBB) dengan keras.”

”Saya tidak tahu, dalam keadaan apapun orang bisa menganggap bahwa kegagalan ini akibat kebijakan AS atau kepemimpinan AS, ketika sebagian besar (anggota) Dewan Keamanan PBB sudah siap dan bersedia untuk bergerak maju,” lanjut Rice yang menyindir sikap Rusia dan China dalam keputusan PBB itu.

Rusia dan China menggunakan hak veto mereka sekali pada tahun 2011 dan dua kali pada tahun 2012 untuk mencegah resolusi yang menekan Rezim Suriah. Rusia mengkritik resolusi itu sama saja dengan mengambil sisi dalam perang saudara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4949 seconds (0.1#10.140)