Venezuela juga pertimbangkan suaka untuk Snowden

Rabu, 26 Juni 2013 - 12:01 WIB
Venezuela juga pertimbangkan suaka untuk Snowden
Venezuela juga pertimbangkan suaka untuk Snowden
A A A
Sindonews.com- Presiden Venezuela, Nicolas Maduro mengatakan ia akan mempertimbangkan untuk memberikan suaka kepada whistleblower NSA, Edward Snowden, 30. Sebelumnya, Pemerintah Ekuador juga sudah siap untuk memberikan suaka bagi mantan karyawan CIA yang tengah diburu AS itu.

”Kami belum menerima permintaan resmi (dari Snowden). Tapi dalam hal ini, kami akan mengevaluasi, kita sepaham dengan Ekuador, dan akan melakukan hal serupa,” kata Maduro, dikutip Xinhua, Rabu (26/6/2013).

Snowden diburu Pemerintah AS dengan tiga tuduhan kejahatan, salah satunya pelanggaran Undang-Undang Spionase. Snowden tiba di Bandara Internasional Sheremetyevo, Moskow pada Minggu (23/6/2013) sore setelah meninggalkan Hong Kong.

Sang pembocor penyadapan besar-besaran AS berkode Prism itu, diduga akan terbang ke Havana, Kuba pada Senin (24/6/2013). Tapi, Snowden yang sudah mengantongi tiket ke Havana, ternyata namanya tidak tercantum dalam papan penumpang ke Havana.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada Selasa (25/6/2013) mengatakan, bahwa, Snowden masih transit di Bandara Sheremetyevo dan dia bebas untuk pergi ke mana pun yang ia pilih.

Menteri Luar Negeri Ekuador, Ricardo Patino, juga sudah menegaskan Pemerintah Ekuador telah menerima permintaan suaka dari Snowden. Tapi sampai saat ini, Snowden belum memutuskan negara mana yang akan dia pilih untuk berlindung dari kejaran pemerintah AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6581 seconds (0.1#10.140)