Snowden: Pemerintah AS sadap perusahaan ponsel China

Minggu, 23 Juni 2013 - 07:00 WIB
Snowden: Pemerintah AS sadap perusahaan ponsel China
Snowden: Pemerintah AS sadap perusahaan ponsel China
A A A
Sindonews.com – Mantan karyawan CIA yang membocorkan sejumlah program rahasia Amerika Serikat (AS), Edward Snowden, menyatakan bahwa Pemerintah AS telah menyadap perusahaan ponsel China untuk mengumpulkan jutaan sms.

Pernyataan Snowden ini tertuang dalam sebuah laporan yang diterbitkan South China Morning Post (SCMP), Sabtu (22/6/2013). Menurut Snowden, SCMP yang menjadi jaringan komunikasi utama di China dan Hong Kong, telah ratusan kali menjadi sasaran penyadapan oleh National Security Agency (NSA) AS.

"NSA melakukan segala macam hal, seperti menyadap perusahaan ponsel China untuk mencuri semua data sms Anda," kata mantan teknisi CIA itu. Menurut laporan South China Morning Post, Snowden mengaku memiliki bukti dan data untuk membuktikan ucapannya itu.

Laporan itu tidak merinci, bagaimana proses penyadapan itu berlangsung. Tapi, menurut para ahli cyber security China, mereka telah lama khawatir tentang serangan "dari belakang pintu" yang menggunakan komponen buatan luar negeri.

Saat ini, Snowden dilaporkan masih bersembunyi di sebuah lokasi di Hong Kong. Para pejabat Hong Kong masih belum memberi keterangan soal Snowden, meski Pemerintah AS sudah menjatuhkan tuduhan spionase pada Snowden.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6414 seconds (0.1#10.140)