Berada di ruang angkasa, astronot China belum lihat UFO

Kamis, 20 Juni 2013 - 13:45 WIB
Berada di ruang angkasa, astronot China belum lihat UFO
Berada di ruang angkasa, astronot China belum lihat UFO
A A A
Sindonews.com – Astronot perempuan China yang berada di ruang angkasa pada Kamis (20/6/2013), mengatakan, ia dan astronot lainnya belum melihat UFO selama perjalanan ke ruang angksa.

Ucapan itu disampaikan, saat dia memberikan kuliah perdana dari ruang angkasa ke siswa China yang ada di bumi.

Wang Yaping, salah satu astronot perempuan yang terbang dengan pesawat ruang angksa Shenzhou-10, disambut sekitar 330 siswa SD hingga SMA di sebuah sekolah tinggi di Beijing, melalui sambungan video langsung yang berjarak sekitar 340 km dari bumi.

”Melalui jendela depan, kita bisa melihat bumi dan bintang-bintang lainnya, tetapi sampai sekarang, kami belum melihat adanya UFO,” kata Wang, dikutip Xinhua.

”Kami berada di luar (bumi) dan atmosfer, karena kurangnya lapisan atmosfer, bintang-bintang yang kita lihat lebih terang, tetapi mereka tidak bersinar,” ujar Wang.

”Sementara itu, karena tidak adanya atmosfer dengan hamburan cahaya, langit yang kita lihat bukan biru, tapi gelap. Dan juga saya dapat memberitahu Anda sebuah fenomena yang indah. Kita dapat melihat matahari terbit 16 kali sehari,” lanjut Wang.

Wang pun menjawab pertanyaan pertama dari anak didiknya di bumi, soal bagaimana para astronot mengukur berat badan mereka, dan bekerja yang tidak terpengaruh gravitasi bumi.

Kemudian, ia memperkenalkan skala khusus pada dewan pengorbit, yang dirancang atas dasar hukum kedua Newton tentang gerak, atau mengukur massa suatu benda melalui gaya total dan percepatan.

Tak hanya teori, Wang juga berdemonstrasi. Dia mengikat bola kecil dengan string untuk pemegang pada pelat logam. ”Apa yang akan terjadi jika saya membiarkan bola pergi?" tanyanya.

Bola tidak berayun, seperti biasanya yang terjadi di bumi, tetapi ditangguhkan. Ketika ia mendorong bola dengan lembut, bola bergerak dalam gerakan melingkar.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6372 seconds (0.1#10.140)