Karzai: Pasukan Afghanistan ambil alih tanggungjawab keamanan

Selasa, 18 Juni 2013 - 18:28 WIB
Karzai: Pasukan Afghanistan ambil alih tanggungjawab keamanan
Karzai: Pasukan Afghanistan ambil alih tanggungjawab keamanan
A A A
Sindonews.com - Presiden Hamid Karzai mengumumkan transfer kendali keamanan Afghanistan dari tangan NATO kepada Afghanistan, setelah 12 tahun Amerika Serikat (AS) melancarkan invasi ke Afghanistan pada 2001 lalu.

"Mulai besok, pasukan keamanan dan pertahanan kami akan mulai memimpin tanggung jawab keamanan," ungkap Karzai, seperti dilansir Naharnet, Selasa (18/6/2013).

"Dari sini, semua tanggungjawab keamanan dan semua kepemimpinan keamanan akan diambil alih oleh pasukan kita yang berani," lanjut Karzai.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal NATO, Anders Fogh Rasmussen yang turut hadir dalam penyerahan tanggung jawab penjaga keamanan itu mengatakan, "Pasukan Afghanistan memiliki tekad yang luar biasa untuk menjaga keamanan dan mereka layak mendapatkan dukungan penung dari rakyat Afghansistan."

"NATO, Afghanistan, dan sejumlah mitra kami akan melanjutkan perjalanan ini bersama-sama, berdasarkan hubungan baru yang akan semakin kuat untuk tahun-tahun yang akan datang," imbuh Rasmussen.

Upacara ini merupakan transfer tanggung jawab terakhir atas 95 distrik yang dijaga NATO, mencakup wilayah selatan dan timur Afghanistan, pusat perlawanan pasukan Taliban terhadap AS yang medukung pemerintah Afghanistan sejak 2001 lalu.

Setelah serah terima tanggung jawab ini, sekitar 100 ribu pasukan NATO yang tersisa akan menjalankan perang sebagai pendukung dan pelatih tentara dan polisi Afghanistan dalam memerangi militan Afghansitan.

Hingga kini, kondisi keamanan di Afghanistan masih belum juga stabil. Gelombang kekerasan, berupa pemboman dan penembakan terhadap pasukan keamanan lokal dan asing, masih kerap terjadi. Fakta ini membuat sejumlah pihak khawatir dengan kondisi keamanan negara itu pasca ditarik mundurnya pasukan asing dari negara itu pada 2014 mendatang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6215 seconds (0.1#10.140)