Gelombang protes di Brazil kian meluas

Selasa, 18 Juni 2013 - 16:24 WIB
Gelombang protes di Brazil kian meluas
Gelombang protes di Brazil kian meluas
A A A
Sindonews.com – Gelombang protes yang berlangsung sejak Senin (17/6/2013) di Brazil, kini meluas hampir di seluruh wilayah di negara penyelenggara Piala Dunia 2014 tersebut. Dikutip The Guardian, Selasa (18/6/2013) ratusan ribu orang turun ke jalan memprotes biaya tinggi untuk Piala Dunia.

Beberapa wilayah di Brazil yang dilanda demonstrasi besar di antaranya, di Rio de Janeiro, Sao Paulo, Brasilia, Belem, Belo Horizonte, Salvador dan tempat-tempat lain. Demonstrasi yang semula berlangsung damai, berubah jadi bentrokan demonstran dan polisi, serta tindakan pembakaran mobil dan bus.

Tindakan anarkis demonstran memicu aparat kepolisian bertindak keras, dengan menembakkan peluru karet, gas air mata, serta pemukulan terhadap para demonstran.

Beberapa polisi dilaporkan terluka dalam bentrok dengan demonstran di kota sekitar kantor DPR Brazil. Satu mobil terbalik dan dibakar. Sedangkan jendela di kantor bank dan kantor notaris hancur.

”Kami di sini karena kita membenci pemerintah. Mereka (tidak) melakukan apa-apa kepada kami,” kata Oscar José Santos, 19, yang tengah berdemo bersama sekelompok pemuda berkerudung dari Rocinha favela.

”Saya seorang arsitek tetapi saya telah menganggur selama enam bulan. Pasti ada sesuatu yang salah dengan negara ini," kata Nadia al Husin, sembari memegang spanduk yang menyerukan kepada pemerintah untuk berbuat lebih banyak untuk pendidikan.

Presiden Brazil, Dilma Rousseff merestui demonstrasi warganya. ”Presiden yakin protes damai yang sah dan layak bagi demokrasi dan wajar bagi orang-orang muda untuk menunjukkan (demonstrasi),” kata Pembantu Utama Presiden Dilma, Helena Chagas dari Kantor Presiden.

Presiden Dilma juga dicemooh pada upacara pembukaan Piala Konfederasi. Dengan ekonomi yang lesu dan meningkatnya kerusuhan sosial, Dilma akan menghadapi tantangan politik yang serius pada tahun 2014.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6904 seconds (0.1#10.140)