AS kirim utusan untuk tutup penjara Guantanamo

Selasa, 18 Juni 2013 - 11:25 WIB
AS kirim utusan untuk tutup penjara Guantanamo
AS kirim utusan untuk tutup penjara Guantanamo
A A A
Sindonews.com - Departemen Luar Negeri AS telah menunjuk seorang utusan khusus untuk merealisasikan rencana Presiden Barack Obama untuk menutup penjara militer di Guantanamo. Demikian dilansir Xinhua pada Selasa (18/6/2013).

Pengacara senior di Washington, Cliff Sloan, yang pernyataannya dikutip Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, mengatakan, bahwa ia diutus pemerintah untuk memimpin negosiasi terkait rencana pemindahan tahanan Guantanamo. Alasannya, keberadaan penjara di teluk Guantanamo itu terlalu banyak masalah diplomatik yang merepotkan Pemerintahan Obama.

”Arahan Presiden Barack Obama untuk menutup fasilitas tersebut, melaksanakan pemindahan tahanan, dan melakukan peninjauan tahanan secara berkala,” kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Jen Psaki.

”Pengumuman ini mencerminkan komitmen pemerintah untuk menutup fasilitas penahanan di Teluk Guantanamo,” lanjut Psaki.

Tepat setelah menjabat sebagai presiden pada Januari 2009, Obama memerintahkan untuk menutup penjara di Guantanamo, yang selama ini digunakan untuk menahan tersangka terorisme sejak Januari 2002. Penjara itu menjadi terkenal karena terungkap adanya penyiksaan terhadap tahanan.

Dalam pidatonya yang dibuat di Universitas Pertahanan Nasional bulan lalu, Obama memperbaharui janjinya untuk menutup kamp tahanan itu. Sebanyak 166 tahanan masih berada di Guantanamo. ”Jumlah itu turun dari awalnya 242 tahanan, sejak Obama menjabat presiden,” kata Psaki.

Sekitar 100 dari mereka dilaporkan melakukan mogok makan untuk memprotes penahanan selama satu dekade.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4833 seconds (0.1#10.140)