Pemerintah Singapura sebut ilmuwan AS gantung diri

Senin, 17 Juni 2013 - 18:12 WIB
Pemerintah Singapura...
Pemerintah Singapura sebut ilmuwan AS gantung diri
A A A
Sindonews.com - Pengacara Pemerintah Singapura, mengatakan pada Senin (17/6/2013), dari penyelidikan disimpulkan, bahwa tewasnya ilmuwan AS di negeri itu pada tahun lalu karena bunuh diri. Bukan dibunuh seperti diklaim keluarga korban.

Ilmuwan elektronik AS, Shane Todd ditemukan tewas pada Juni 2012 di Singapura. ”Dari bukti forensik medis, jelas jika penyebab kematian Shane Todd adalah akibat gantung (diri),” katanya, dikutip AFP.

Putusan koroner Pemerintah Singapura yang tidak dapat diajukan banding itu, dijadwalkan akan dijatuhkan pada 8 Juli. Dengar pendapat publik tentang kasus itu digelar dari 13-27 Mei.

Keluarga Todd yang bergegas keluar dari persidangan pada 21 Mei lalu, mengatakan mereka telah kehilangan kepercayaan dalam proses penyelidikan yang mereka sebut hanya secara sepihak. Pihak keluarga juga berencana menggali kuburan Todd di California untuk pemeriksaan lebih lanjut.


Pengacara Pemerintah Singapura juga menemukan catatan bunuh diri yang ditinggalkan oleh Todd pada laptopnya. Selain itu, mereka juga menerima kesaksian seorang psikiater yang menyebut Todd menderita depresi, dan menunjukkan riwayat bunuh diri sebelum kematiannya.

”Yang mencolok tidak adanya bukti untuk mendukung teori pembunuhan. Bukti yang menunjukkan ia bunuh diri tak terelakkan,” demikian catata pengacara senior Pemerintah Singapura Tai Wei Shyong, yang ia bacakan di depan sidang pengadilan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0903 seconds (0.1#10.140)