Rouhani minta dunia hormati hak-hak Iran

Senin, 17 Juni 2013 - 02:17 WIB
Rouhani minta dunia hormati hak-hak Iran
Rouhani minta dunia hormati hak-hak Iran
A A A
Sindonews.com – Presiden baru Iran, Hassan Rouhani, pada Minggu (16/6/2013), menyebut kemenangannya dalam pemilihan presiden lalu sebagai kemenangan atas "ekstremisme". Sebagian rakyat Iran dengan suka cita turun ke jalan, dan menaruh harapan agar negara mereka mendapat pelonggaran sanksi dari dunia Barat.

Negara-negara besar dengan cepat menawarkan untuk terlibat dengan pemerintahan ulama moderat dan mantan perunding nuklir Iran itu. Rouhani sendiri telah menjanjikan pendekatan yang lebih konstruktif untuk perundingan nuklir.

Pers reformis Iran memuji Rouhani sebagai "syekh harapan" dan mengatakan, kemenangan Rouhani diharap membawa Iran keluar dari gaya pemerintahan konservatif di bawah masa kekuasaan Mahmoud Ahmadinejad selama 8 tahun terakhir.

Puluhan ribu rakyat Iran memadati jalan-jalan di Kota Teheran, sebagian membawa gambar Rouhani dan meneriakkan slogan-slogan pro-reformasi. "Malam ini kita bersukacita, karena sekali lagi ada harapan di Iran," kata Ashkan, 31, sambil memegang poster Rouhani dan mengenakan gelang hijau.

Rouhani dinyatakan sebagai pemenang pilpres Iran dengan raihan 50,68 persen suara dalam pemilu yang berlangsung Jumat lalu. Dalam pernyataan pertamanya, ia meminta kekuatan dunia untuk memperlakukan Iran dengan hormat dan mengakui hak-haknya.

"Ini adalah kemenangan kecerdasan, moderasi, dan kemajuan atas ekstremisme," kata Rouhani. "Negara-negara yang terlibat dalam dialog demokrasi dan terbuka harus berbicara kepada rakyat Iran dengan hormat dan mengakui hak-hak republik Islam," lanjutnya.

“Kemudian, mereka akan mendengar respons yang tepat,” tambah Rouhani, yang memperjuangkan keterlibatan yang lebih konstruktif dengan kekuatan dunia. Rouhani mengatakan dalam kampanyenya bahwa ia siap untuk mengadakan pembicaraan bilateral dengan Washington mengenai program nuklir Teheran.


(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5092 seconds (0.1#10.140)