Bom rakitan tewaskan 4 warga sipil di Afghanistan selatan

Minggu, 16 Juni 2013 - 23:35 WIB
Bom rakitan tewaskan...
Bom rakitan tewaskan 4 warga sipil di Afghanistan selatan
A A A
Sindonews.com – Empat warga sipil dilaporkan tewas, sementara enam orang lainnya terluka ketika sebuah bom yang ditaruh di pinggir jalan, meledak dan menghantam sebuah kendaraan di Provinsi Uruzgan, Afghanistan selatan, Minggu (16/6/2013).

"Satu kendaraan sipil memicu sebuah bom rakitan di Distrik Chora, sekitar pukul 7 pagi waktu setempat. Ledakan itu menewaskan empat warga sipil dan melukai enam orang lainnya," kata Juru Bicara Provinsi Uruzgan, Abdullah Hemat pada Xinhua.

“Bom rakitan itu ditempatkan di sepanjang jalan oleh pemberontak Taliban,” kata Hemat. Menurutnya, korban luka-luka langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Hingga kini, militan Taliban telah melancarkan pemberontakan selama lebih dari satu dekade. Mereka kerap menanam bom rakitan di pinggir jalan untuk melumpuhkan pasukan keamanan. Tapi, senjata mematikan itu juga acap kali meminta nyawa warga sipil tak berdosa.

Hingga kini, kondisi keamanan di Afghanistan masih belum juga stabil. Gelombang kekerasan, berupa pemboman dan penembakan terhadap pasukan keamanan lokal dan asing, masih kerap terjadi. Fakta ini membuat sejumlah pihak khawatir dengan kondisi keamanan negara itu pasca ditarik mundurnya pasukan asing dari negara itu pada 2014 mendatang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6631 seconds (0.1#10.140)