Obama akan bela penyadapan NSA di KTT G8

Sabtu, 15 Juni 2013 - 12:57 WIB
Obama akan bela penyadapan NSA di KTT G8
Obama akan bela penyadapan NSA di KTT G8
A A A
Sindonews.com - Presiden AS, Barack Obama akan mempertahankan program pengawasan internet rahasia yang dilakukan NSA, saat ia bertemu dengan para pemimpin Kelompok G8 pekan depan di Irlandia Utara.

Demikian disampaikan pihak Gedung Putih Jumat (14/6/2013), dilansir Xinhua Sabtu (15/6/2013). ”Dia akan berdiskusi dengan para pemimpin lain soal pentingnya program ini. Itu sebagai upaya kontraterorisme kami secara khusus,” kata Wakil Penasihat Keamanan Nasional AS, Ben Rhodes.

”Dan semua negara-negara di G8 adalah mitra penting kontraterorisme,” lanjut Rhodes pada konferensi pers. ”Kami telah bekerja dengan mereka untuk menggagalkan serangan teroris di Amerika Serikat dan di Eropa.”

Program sangat rahasia NSA dengan kode Prism, telah menyadap langsung ke pusat server dari sembilan perusahaan internet AS, termasuk audio, video, foto, e-mail, dokumen dan koneksi log yang memungkinkan analis untuk melacak gerakan dan kontak seseorang dari waktu ke waktu.


Program rahasia yang dibocorkan mantan karyawan CIA, Edward Snowden,29, pekan lalu telah memicu protes di Eropa atas penyadapan privasi individu.

”Kita tentu memahami bahwa negara seperti Amerika Serikat dan Eropa memiliki kepentingan yang signifikan dalam menjamin privasi dan kebebasan sipil. Jadi kita akan ingin mendengar pertanyaan mereka dan bertukar pikiran terkait program kontraterorisme,” ujar Rhodes.

”Ini bukan program yang dimaksudkan untuk menargetkan apa yang dilakukan setiap orang secara online, tapi untuk mengungkap plot teroris dan jaringan komunikasi terkait terorisme,” imbuh dia.

Obama akan mengunjungi Jerman pada 18-19 Juni setelah menghadiri pertemuan puncak G8 dijadwalkan akan diadakan di Irlandia Utara pada 17-18 Juni.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5546 seconds (0.1#10.140)