Ledakan bom motor tewaskan 2 warga Afghanistan

Rabu, 12 Juni 2013 - 20:05 WIB
Ledakan bom motor tewaskan...
Ledakan bom motor tewaskan 2 warga Afghanistan
A A A
Sindonews.com - Sejumlah orang dilaporkan terluka akibat ledakan bom yang terpasang di sebuah motor Distrik Bazaar, Provinsi Helmand, Rabu (12/6/2013).

"Sebuah bom yang terpasang pada sebuah motor di Sangin Distrik Bazaar meledak saat konvoi Tentara Nasional Afghanistan (ANA) melewati daerah itu sekitar pukul 10.30 pagi," ungkap Omar Zhwak, Juru Bicara Provinsi Helmand.

"Ledakan itu menewaskan satu warga sipil dan satu tentara ANA , serta melukai enam orang lainnya," ungkap Zhwak.

Zhwak menambahkan, korban luka-luka adalah tiga warga sipil dan tiga tentara ANA.

Hingga kini, belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ini. Namun, gerilyawan Taliban sering menggunakan bom pinggir jalan untuk melumpuhkan pasukan asing pimpinan Amerika Serikat dan tentara Pemerintah Afghanistan.

Masih kerap terjadinya aksi kekerasan membuat sejumlah pihak khawatir tentang kondisi keamanan negara itu pasca penarikan pasukan asing pada 2014 mendatang. Banyak pihak yang ragu, polisi dan tentara Afghanistan mampu mengambil alih tanggung jawab keamanan.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan PBB pada Februari lalu, sebanyak 2.754 warga sipil tewas, sementara 4.805 orang terluka akibat aksi kekerasan yang berhubungan dengan konflik di Afghanistan sepanjang 2012 lalu. Laporan itu mengatakan, 81 persen penyebab kematian warga sipil adalah serangan bom yang dilancarkan oleh Taliban dan kelompok bersenjata di Afghanistan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0654 seconds (0.1#10.140)