Jenderal AS : Taliban harus diajak bicara

Rabu, 12 Juni 2013 - 18:08 WIB
Jenderal AS : Taliban...
Jenderal AS : Taliban harus diajak bicara
A A A
Sindonews.com - Para jenderal AS yang mengawasi jelang berakhirnya misi NATO di Afghanistan, mengatakan, harus ada pembicaraan dengan Taliban pada tahap tertentu. Cara politik disarankan jadi solusi atas krisis di Afghanistan.

Dikutip BBC Rabu (12/6/2013) Jenderal AS pengawas misi NATO, Joseph Dunford, mengatakan masyarakat internasional perlu mendukung tentara Afghanistan setelah pasukan tempur NATO meninggalkan negeri itu tahun depan.

Tanpa dukungan itu, kata dia, keuntungan yang telah dibuat dalam
hal demokrasi dan hak-hak perempuan dapat terbalik. Dunford mengatakan kemajuan Afghanistan sebagai bangsa, belum bisa terjamin.

Meski pasukan Afghanistan cukup baik dalam menghadapi konflik, namun Jenderal Dunford menekankan bahwa berbicara dengan Taliban sangat penting bagi masa depan negara itu. Mereka bukan satu-satunya musuh, dan banyak kelompok kriminal telah bergabung dengan pemberontakan yang kompleks,” kata Dunford.

Dia meyakini gelombang kekerasan di Afghanistan dilakukan kelompok Taliban. Sebelumnya, pada Selasa, serangan bom bunuh diri mengguncang Kabul yang menewaskan sedikitnya 16 orang dan melukai lebih dari 40 orang lainnya di luar gedung Mahkamah Agung.

Sehari sebelumnya, tujuh gerilyawan, termasuk pelaku bom bunuh diri, mengepung Bandara
Kabul selama empat jam, sebelum mereka dibunuh.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0762 seconds (0.1#10.140)