Jepang & AS akan gelar latihan militer gabungan

Selasa, 11 Juni 2013 - 06:00 WIB
Jepang & AS akan gelar latihan militer gabungan
Jepang & AS akan gelar latihan militer gabungan
A A A
Sindonews.com – Tentara Jepang dilaporkan akan melakukan latihan militer gabungan dengan pasukan Amerika Serikat (AS) di pantai selatan California, AS. Latihan perang ini rencananya akan dilangsungkan dua pekan mendatang.

Ini adalah kali pertama AS dan Jepang menggelar latihan perang bersama. Tujuan dari latihan perang ini adalah untuk untuk meningkatkan kemampuan serangan amfibi negara itu.

“Latihan ini menandai pertama kalinya pasukan Jepang akan melakukan perjalanan di atas kapal-kapal perang begitu jauh dari rumah. Dan, anggota Angkatan Udara Jepang, laut dan pasukan darat akan berlatih bersama dengan militer AS,” kata Cmdr. Takashi Inoue, Juru Bicara Pasukan Bela Diri Jepang, Senin (10/6/2013), seperti dikutip dari Channel News Asia.

Para pejabat militer AS dan Jepang mengatakan, latihan perang ini akan membantu Pasukan Bela Diri Jepang untuk bisa lebih cepat merespon krisis, seperti bencana alam.

Menurut para pejabat militer AS mengatakan, penguatan kemampuan pasukan amfibi Jepang sangat penting. Sebab, AS lebih memfokuskan perhatian pada pengembangan strategi Asia-Pasifik di tengah pemotongan anggaran Departemen Pertahanan yang sedang berlangsung.

"Jika abad ke-20 mengajarkan kita sesuatu, itu adalah bahwa ketika demokrasi yang mampu dan mau membela diri, mempertahankan perdamaian dan stabilitas," kata Kolonel Hibah Newsham, penghubung Kelautan kepada militer Jepang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9187 seconds (0.1#10.140)