Terlibat demo di Turki, 11 warga asing ditahan

Kamis, 06 Juni 2013 - 16:48 WIB
Terlibat demo di Turki, 11 warga asing ditahan
Terlibat demo di Turki, 11 warga asing ditahan
A A A
Sindonew.com - Sebanyak 11 warga asing, termasuk di antaranya empat warga Amerika Serikat ditahan Pemerintah Tukri. Mereka dituduh membantu memprovokasi aksi protes di Taman Gezi dekat dengan Pusat Kota Taksim Square.

Demikian laporan media lokal Radikal, pada Kamis (6/6/2013). Beberapa warga asing yang ditangkap, menurut media tersebut, antara lain empat warga AS, dua warga Inggris, dua warga Iran, satu warga India, satu warga Perancis dan satu warga Yunani.

”Mereka ditahan semalam, setelah diduga memprovokasi aksi demonstrasi pada Rabu sore,” tulis Radikal, dikutip Reuters. Namun, para pejabat setempat belum mengkonfirmasi penahanan 11 warga asing itu.

Laporan Radikal mengatakan, semua warga negara asing tersebut memiliki paspor diplomatik. Empat di antaranya, berstatus pelajar yang sedang mengikuti program pertukaran pelajar di Turki.

Protes anti-pemerintah di Turki sudah memasuki hari ke-10 pada Kamis. Mereka berdemonstrasi di alun-alun Taksim Square. Demo itu sebagai reaksi terhadap pembongkaran Taman Gezi yang rencananya akan dibangun pusat perbelanjaan.

Protes anti-pemerintah itu, telah menyebar ke-67 provinsi di seluruh Turki. Termasuk di Ibu Kota Turki, Ankara dan kota-kota pesisir, Antalya dan Izmir. Demonstrasi juga berbuntut bentrokan yang menyebabkan lebih dari 4.000 orang terluka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6593 seconds (0.1#10.140)