Erdogan: Saya bukan diktator

Selasa, 04 Juni 2013 - 22:50 WIB
Erdogan: Saya bukan...
Erdogan: Saya bukan diktator
A A A
Sindonews.com – Perdana Menteri Turki, Recep Tayip Erdogan tidak menunjukkan tanda-tanda akan melemah terhadap tuntutan para pengunjuk rasa yang memintanya untuk mundur. Aksi unjuk rasa anti pemerintah telah berlangsung selama satu pekan.

Meski begitu, Erdogan mengaku dirinya bukanlah diktator. “Saya bukan seorang diktator. Itu bahkan tidak ada dalam darah saya," tegas Erdogan, Senin (3/6/2013).

Para analis menilai, terlalu dini untuk mengklaim demonstrasi yang berlangsung di sejumlah wilayah di Turki akan melemahkan reputasi Erdogan sebagai pemimpin yang paling berpengaruh sejak Mustafa Kemal Ataturk, Bapak Turki modern.

Erdogan diperkirakan akan mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan tahun depan. "Dia adalah seorang perdana menteri yang dipilih oleh 50 persen penduduk Turki, dua tahun yang lalu. Dia cukup yakin," ujar Hugh Pope, dari International Crisis Group kepada AFP.

Hari-hari terakhir ini, aksi demonstrasi di Turki telah berubah menjad aksi anti pemerintah. Demonstran dari berbagai latar belakang telah membanjiri kota-kota besar di seluruh negeri selama empat hari terakhir. Mereka berteriak, "Dikctator, mengundurkan diri!"
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1253 seconds (0.1#10.140)