Gedung Putih prihatin atas kerusuhan di Turki

Selasa, 04 Juni 2013 - 15:05 WIB
Gedung Putih prihatin...
Gedung Putih prihatin atas kerusuhan di Turki
A A A
Sindonews.com - Gedung Putih menyatakan rasa prihatin atas gelombang protes yang berujung pada kerusuhan di Turki. Semua pihak diminta untuk menahan diri dari tindakan kekerasan.

”Kami terus mengikuti peristiwa di Turki secara seksama, dengan keprihatinan,” kata juru bicara Gedung Putih, Jay Carney saat briefing, dikutip Xinhua, Senin (3/6/2013).

Menurutnya, Amerika Serikat (AS) tetap mendukung setiap hak kebebasan berekspresi dan berkumpul.”Protes dengan damai jadi hak fundamental bagi demokrasi apapun,” ujar Carney. Pemerintah Turki sebelumnya menyatakan, sebanyak 173 orang terluka dalam bentrokan antara demonstran dan polisi selama aksi protes yang telah berlangsung sejak pekan lalu.

Menteri Dalam Negeri Turki, Muammer Guler, mengatakan, sedikitnya 115 petugas polisi dan 58 demonstran luka-luka. Aksi itu bermula dari sekelompok demonstran yang memprotes penebangan pohon di taman untuk dijadikan pusat perbelanjaan. Carney menyatakan, Washington prihatin atas laporan tindakan Polisi Turki yang berlebihan dalam menangani demonstran.

”Kami menyerukan agar peristiwa itu diselidiki. Kami mendesak semua pihak untuk menahan diri dari kekerasan dan tindakan provokasi," ujar Carney.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2576 seconds (0.1#10.140)