Kanselir Jerman akan kunjungi daerah banjir

Senin, 03 Juni 2013 - 23:44 WIB
Kanselir Jerman akan kunjungi daerah banjir
Kanselir Jerman akan kunjungi daerah banjir
A A A
Sindonews.com – Kanselir Jerman Angela Merkel akan mengunjungi daerah-daerah yang dilanda banjir di negara itu pada Selasa (4/6/2013). “Hal ini dilakukan untuk menggalang sumber daya pemerintah guna membantu korban,” ujar Steffen Seibert, juru bicara pemerintah, Senin (3/6/2013).

Seperti dilaporkan Xinhua, keadaan darurat telah dinyatakan di sejumlah daerah, karena hujan deras turun selama beberapa hari terakhir. “Gugus tugas darurat telah dibentuk untuk langsung melaporkan kepada Kanselir,” kata Seibert.

Saat ini, lebih dari 1.700 tentara telah dikerahkan untuk membantu tugas penyelamatan di sejumlah kota, seperti Bavaria, Saxony, Thuringia, dan Baden-Wuerttemberg. Pihak berwenang memperingatkan, bahwa hujan lebat kemungkinan akan memperburuk banjir di selatan dan timur Jerman.

Dilaporkan, ketinggian air di Sungai Danube naik di atas tingkat rekor pada awal pekan ini. Kota Passau, yang terletak di jalur Sungai Danube, Inn dan Ilz, sudah terendam di bawah air. Di Jerman Timur, karung-karung pasir telah menumpuk di sepanjang tepi Sungai Elbe, di ibukota Saxony Dresden untuk mencegah kota dari kemungkinan banjir, seperti yang terjadi pada tahun 2002 ketika Elbe meluap.

Di negara barat daya dari Baden-Wurttemberg, dua orang hilang, setelah dilaporkan tersapu oleh banjir saat Sungai Neckar meluap. Ribuan orang telah dievakuasi dari daerah dataran rendah di banyak bagian negara, sedangkan sekolah terpaksa ditutup.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6109 seconds (0.1#10.140)