Irak peringatkan Israel soal pelanggaran wilayah udara

Senin, 03 Juni 2013 - 22:48 WIB
Irak peringatkan Israel soal pelanggaran wilayah udara
Irak peringatkan Israel soal pelanggaran wilayah udara
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Irak telah memperingatkan Israel untuk tidak menggunakan ruang udara Irak untuk melancarkan serangan pada program nuklir Iran.

Pernyataan dari Hussein al-Shahristani, Wakil Perdana Menteri yang bertanggung jawab untuk urusan energi, menandai pertama kalinya seorang pejabat senior Irak memperingatkan Israel soal kemungkinan pelanggaran ruang udara Irak oleh Israel.

"Kami memperingatkan Israel, jika mereka melanggar wilayah udara Irak, maka mereka akan menanggung konsekuensi," tegas Shahristani. Ia menambahkan, isu ini telah dibahas di Dewan Keamanan Nasional Irak dan peringatan telah dilayangkan ke Israel.

Shahristani juga mengatakan, Irak sudah menerima jaminan dari Washington, bahwa Amerika Serikat (AS) tidak akan menggunakan wilayah udara Irak untuk menyerang Iran.

"Mereka (AS) meyakinkan kami tidak akan melanggar wilayah udara Irak atau kedaulatan Irak dengan menggunakan wilayah udara kami untuk menyerang salah satu tetangga kami," kata Shahristani dalam sebuah wawancara, seperti dikutip dari Jpost, Senin (3/6/2013).

Saat ditanya bagaimana Irak akan bereaksi terhadap setiap upaya Israel untuk menargetkan program nuklir Iran, Shahristani tak mau menjelaskannya. “Irak tak akan mengungkapkan kemungkinan reaksi yang akan memungkinkan Israel untuk memperhitungkannya," jelasnya.

Selama ini, Israel dan negara-negara Barat telah berulangkali menuduh Iran mengembangkan senjata dan bom nuklir lewat program nuklirnya. Israel bahkan telah mengeluarkan ancaman akan menyerang program nuklir Iran.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6511 seconds (0.1#10.140)