Umat Muslim dan Budha bentrok di utara Myanmar

Rabu, 29 Mei 2013 - 02:58 WIB
Umat Muslim dan Budha bentrok di utara Myanmar
Umat Muslim dan Budha bentrok di utara Myanmar
A A A
Sindonews.com – Umat Muslim dan Budha dilaporkan terlibat bentrokan di Kota Lashio, wilayah utara Myanmar, Selasa (28/5/2013). Seperti dilaporkan Reuters, gelombang kekerasan sektarian telah mencapai daerah pegunungan di dekat perbatasan Myanmar-China.

Saat ini, sambungan telepon ke kota yang berpenduduk 131 ribu jiwa itu terputus. Saksi mata melaporkan, telah terjadi beberapa kebakaran besar. Juga dilaporkan, sebuah biara dan masjid ikut terbakar dalam bentrokan ini.

Hajji Aung Lwin, seorang Muslim yang tinggal di sebuah desa di pinggiran Kota Lashio mengatakan, bentrokan dipicu oleh pertengkaran antara seorang pria Muslim dan wanita budha yang bekerja di sebuah pom bensin.

Beberapa warga mengatakan, pria itu menyiram si wanita dengan bensin dan membakarnya. “Setelah polisi menahan pria itu, umat Budha lokal mengepung kantor polisi dan menuntut dia diserahkan,” kata Aung.

Ketika polisi menolak permintaan itu, kerumunan massa mengamuk. Mereka membakar sepeda motor dan menyerang Masjid Myoma, dekat pasar Lashio. Seorang saksi melaporkan melihat api di kota dan bangunan besar yang terbakar.

Bentrokan sektarian antara umat Budha dan Muslim telah meletus beberapa kali sejak pemerintahan sipil berkuasa di Myanmar pada Maret 2011 dan mengakhiri lima dekade kediktatoran militer.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7983 seconds (0.1#10.140)
pixels