Lanjutkan pembahasan sengketa Kepulauan Kuril, Abe sambangi Rusia

Senin, 29 April 2013 - 15:14 WIB
Lanjutkan pembahasan sengketa Kepulauan Kuril, Abe sambangi Rusia
Lanjutkan pembahasan sengketa Kepulauan Kuril, Abe sambangi Rusia
A A A
Sindonews.com - Shinzo Abe, Perdana Menteri Jepang mengunjungi Rusia untuk menghidupkan kembali perundingan soal sengketa wilayah teritorial yang telah lama terbengkalai dengan Pemerintah Rusia, Minggu (28/4/2013).

Dalam kunjungan perdananya dalam 10 tahun terakhir, Abe akan melakukan pembicaraan dengan Presiden Vladimir Putin. Abe akan menggunakan kesempatan itu untuk membangun kepercayaan secara pribadi dengan Putin guna mencapai perdamaian atas sengketa Kepulauan Kuril yang tidak kunjung terealisasi pasca Perang Dunia II berakhir.

"Usai mengadakan pertemuan, Abe dan Putin akan mengeluarkan pernyataan bersama yang isinya terkait dengan perjanjian damai," ungkap Media Jepang, mengutip perkataan Delegasi Abe.

"Keduanya mungkin juga akan menyampaikan peningkatan komunikasi di tingkat Menteri Pertahanan dan Keaamanan antara Rusia - Jepang," imbuh delegasi tersebut.

Jepang dan Rusia yang berbatasan di wilayah Pasifik, telah lama menyatakan keinginan untuk memperluas hubungan, khususnya dalam bisnis. Tapi, hubungan kedua negara telah dibatasi oleh sengketa kepulauan Kuril di Pasifik.

Kabarnya, dalam kunjungan tersebut, Abe juga akan membahas cetak biru kerjasama ekonomi Jepang- Rusia, khususnya pengembangan energi di Jepang yang letaknya tak jauh dari wilayah timur Rusia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7975 seconds (0.1#10.140)