Pria bersenjata rebut Kota Sulaiman Bek dari tentara Irak

Kamis, 25 April 2013 - 12:52 WIB
Pria bersenjata rebut Kota Sulaiman Bek dari tentara Irak
Pria bersenjata rebut Kota Sulaiman Bek dari tentara Irak
A A A
Sindonews.com - Seorang polisi Irak mengabarkan, seluruh pasukan keamanan Irak telah ditarik dari Kota Sulaiman Bek yang berada di wilayah utara Irak, Rabu (24/4/2013) malam. Hal itu terjadi setelah pasukan keamanan Irak melancarkan serangan untuk mengusir para militan.

Pejabat lokal setempat menuturkan, sejak Rabu fajar, pasukan keamanan Irak terlibat pertempuran sengit untuk merebut kembali kota itu. Saat pertempuran berlangsung, helikopter pembom datang dari tengah kota untuk memberikan bantuan kepada militer. Meski telah didukung oleh serangan udara, militer tetap tidak berhasil menyingkirkan para militan dan merebut kota itu.

"Seluruh pasukan keamanan yang bertempur di kota tersebut ditarik keluar dan kini kota tersebut berada di bawah kendali kelompok militan," ungkap Shalal Abdul Baban, pejabat administrasi lokal.

Sebanyak 15 orang dilaporkan tewas sementara puluhan orang lainnya luka-luka dalam pertempuran itu. Selain itu, bentrok juga memaksa banyak keluraga meninggalkan kota itu dan mencari tempat perlindungan yang aman.

Dalam beberapa bulan terakhir instabilitas situasi di keamanan di Irak mulai terjadi sejak muslim Sunni melancarkan protes pada Desember 2012 lalu. Mulai saat itu, setiap bulan selalu ada serangan bom yang tidak hanya menimpa kelompok muslim Sunni tetapi juga kelompok muslim Syiah. Pekan lalu, usai solat Jumat, dua buah bom meledak di dua lokasi berbeda di Ibu Kota Baghdad, tepatnya di depan masjid yang terletak di lingkungan komunitas Sunni dan kelompok muslim Syiah.

Seperti diketahui, muslim Sunni menuntut Perdana Menteri Nuri al-Maliki mengakhiri praktik marginalisasi terhadap kelompok mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5748 seconds (0.1#10.140)