WHO: Belum ada bukti virus H7N9 menular antar manusia

Senin, 22 April 2013 - 22:58 WIB
WHO: Belum ada bukti virus H7N9 menular antar manusia
WHO: Belum ada bukti virus H7N9 menular antar manusia
A A A
Sindonews.com – Meski kian banyak warga China yang terjangkiti virus flu burung jenis baru, H7N9, namun hingga kini WHO masih meragukan telah terjadinya penularan antar manusia.

"Saat ini, kami tidak melihat bukti berkelanjutan dari manusia ke manusia," kata Keiji Fukuda, Asisten Direktur Jenderal WHO untuk keamanan kesehatan dan lingkungan dalam konferensi pers di Shanghai, Senin (22/4/2013), seperti dikutip dari The Daily Star.

Fukuda merupakan bagian dari sebuah tim WHO yang berkunjung ke China untuk mempelajari, apakah virus H7N9 menyebar di antara manusia. Fukuda menghabiskan tiga hari terakhir di Shanghai untuk bertemu dengan pejabat pemerintah China dan mengunjungi pasar pertanian.

Pejabat kesehatan China telah mengakui apa yang disebut sebagai "kelompok keluarga", di mana anggota dari satu keluarga telah terinfeksi virus H7N9. Namun, sejauh ini Pemerintah China juga menolak untuk menyatakan kalau virus ini telah menular antar manusia.

Mengomentari fakta ini, Fukuda menyatakan, masih belum diketahui mengapa dalam sebuah keluarga bisa terdapat beberapa pengidap virus H7N9. “Masih belum jelas, mengapa kelompok kecil ini sampai timbul,” kata Fukuda.

Hingga kini, Pemerintah China melaporkan, sudah 104 kasus flu burung akibat virus H7N9. Dari jumlah itu, 21 di antaranya telah meninggal dunia. Dua kasus terbaru ditemukan di wilayah Zhejiang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4526 seconds (0.1#10.140)