Kapal perang AS sambangi Singapura

Kamis, 18 April 2013 - 22:38 WIB
Kapal perang AS sambangi Singapura
Kapal perang AS sambangi Singapura
A A A
Sindonews.com – Sebuah kapal perang Amerika Serikat (AS) yang dirancang untuk berperang di daerah pesisir, USS Freedom, tiba di Singapura, Kamis (18/4/2013).

Para pejabat Angkatan Laut AS mengatakan, USS Freedom berlayar ke Changi Naval Base untuk membantu suplai logistik dan latihan bagi pasukan AS di Asia Tenggara. Singapura sendiri adalah sekutu AS di wilayah Asia Tenggara.

Seperti dikutip dari channelnewsasia, merapatnya USS Freedom di Singapura, menjadi penegas fokus strategi baru Presiden AS, Barack Obama di Asia. Kapal ini datang di saat terjadinya ketegangan di Semenanjung Korea dan masih terjadinya saling klaim atas wilayah teritorial di Laut China Selatan.

USS Freedom akan berada selama delapan bulan di kawasan Asia Tenggara dan akan berpartisipasi dalam sejumlah latihan perang di laut, serta mengunjungi beberapa pelabuhan lainnya di Asia.

"Kami berencana untuk menghabiskan sebagian besar waktu kita di sini, di Asia Tenggara. Ini akan menjadi kawasan Kebebasan untuk delapan bulan ke depan," kata Komandan USS Freedom, Timothy Wilke.

Pakar keamanan regional, Ian Storey mengatakan, pelayaran yang dilakukan USS Freedom adalah sinyal dari Washington untuk menjamin kebebasan pelayaran di kawasan Asia, yang menjadi tuan rumah beberapa jalur pelayaran tersibuk di dunia.

"Pelayaran kapal ini adalah bagian poros AS untuk menyeimbangkan diri dari Irak dan Afghanistan dan menuju Asia," kata Storey. Ini menunjukkan kepada sekutu AS dan pihak-pihak yang berkomitmen untuk mempertahankan kehadiran yang kuat di kawasan itu guna menjamin stabilitas,” lanjutnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6717 seconds (0.1#10.140)