PM Kanada: Dunia kehilangan pemimpin besar

Selasa, 09 April 2013 - 07:00 WIB
PM Kanada: Dunia kehilangan pemimpin besar
PM Kanada: Dunia kehilangan pemimpin besar
A A A
Sindonews.com – Perdana Menteri Kanada Stephen Harper menyatakan rasa duka mendalam atas wafatnya mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher, yang meninggal dunia akibat stroke pada Senin (9/4/2013).

Harper mengatakan dalam pernyataan, dengan wafatnya Thatcher, dunia telah kehilangan "raksasa di antara para pemimpin."

"Sementara banyak dalam posisi kekuasaan ditentukan oleh waktu, di mana mereka memerintah, Margaret Thatcher memiliki kemampuan yang paling langka untuk mewujudkan dirinya dan menentukan usia di mana dia menjabat," katanya.

Harper menghargai prestasi Thatcher di panggung dunia. “Era perdamaian dan kemakmuran yang menyusul berakhirnya Perang Dingin, harus digolongkan sebagai salah satu hadiah besar dan abadi Thatcher untuk generasi ini. Dia juga layak dikenal sebagai 'The Iron Lady'," tambah Harper.

Thatcher adalah PM Inggris yang konservatif pada periode 1979-1990. Dia adalah wanita pertama dan satu-satunya yang pernah memegang jabatan itu. Karena kebijakan-kebijakannya, Thatcher dijuluki sebagai "Iron Lady".

Thatcher tidak menjalani pemakaman kenegaraan, tetapi akan diberikan status yang sama seperti Putri Diana dan Ibu Ratu, yakni dengan penghormatan militer penuh yang akan berlangsung di Katedral St Paul, London.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6725 seconds (0.1#10.140)