Australia telah pulangkan 963 pendatang gelap asal Sri Lanka

Kamis, 04 April 2013 - 22:03 WIB
Australia telah pulangkan...
Australia telah pulangkan 963 pendatang gelap asal Sri Lanka
A A A
Sindonews.com – Komisi Tinggi Australia mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa mereka telah memulangkan 20 pendatang gelap asal Sri Lanka, Kamis (4/4/2013). Dengan pemulangan 20 orang ini, maka secara total Australia telah memulangkan 963 pendatang gelap asal Sri Lanka sejak Agustus tahun lalu.

Menteri Imigrasi dan Kewarganegaraan Australia, Brendan O'Connor mengumumkan, bahwa para pendatang gelap asal Sri Lanka itu telah diterbangkan dari Pulau Christmas ke Ibu Kota Sri Lanka, Kolombo.

“Tak satu pun dari mereka yang menuntut kewajiban internasional Australia. Tanpa visa yang sah, mereka tidak memiliki hak untuk tinggal di Australia," kata O’Connor, seperti tertuang dalam pernyataan Komisi Tinggi Australia.

"Ketika orang-orang tiba di Australia secara tidak sah, klaim yang mereka buat untuk alasan mereka melakukan perjalanan ke Australia akan dinilai oleh Departemen Imigrasi. Jika klaim ini tidak tercakup oleh konvensi pengungsi, mereka akan dikembalikan ke tanah air mereka sesegera mungkin," lanjut O'Connor.

Menurutnya, para pendatang gelap ini telah membuang uang dengan membayar sindikat penyelundup manusia untuk bisa masuk ke Australia. “Mereka telah membuang uang dan mempertaruhkan nyawa mereka,” lanjut O’Connor.

Tak hanya Australia yang berupaya mencegah masuknya pendatang gelap, Pemerintah Sri Lanka juga sudah berupaya untuk mencegah warga mereka melakukan imigrasi ilegal ke luar negeri dengan menggunakan perahu.

Hingga kini, lebih dari 1.500 orang telah ditangkap oleh Angkatan Laut Sri Lanka ketika mencoba untuk bermigrasi secara ilegal dengan perahu. Alasan utama warga Sri Lanka nekat menempuh perjalanan ilegal ke luar negeri adalah karena kian memburuknya kondisi ekonomi di negara itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0706 seconds (0.1#10.140)