Abbas: Tak perlu KTT mini untuk bahas rekonsiliasi

Senin, 01 April 2013 - 22:24 WIB
Abbas: Tak perlu KTT...
Abbas: Tak perlu KTT mini untuk bahas rekonsiliasi
A A A
Sindonews.com – Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas mengatakan pada Senin (1/4/2013), bahwa tidak ada kebutuhan untuk mengadakan KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) mini Arab di Kairo, Mesir, untuk mencapai rekonsiliasi antara Fatah dan Hamas.

Abbas menyambut baik usulan Qatar untuk mengadakan semacam KTT mini. Tapi menurutnya, tidak perlu menunda atau menempuh jalan bergelombang untuk mencapai rekonsiliasi dengan Hamas.

"Tidak ada perbedaan antara kita (Fatah dan Hamas) yang membutuhkan semua upaya untuk mendamaikan," kata Abbas kepada wartawan di kota Ramallah, Tepi Barat, seperti dikutip dari Xinhua.

Abbas mencatat, bahwa Fatah dan Hamas telah menyepakati beberapa poin dalam pembicaraan awal di Mesir yang ditengahi Qatar, termasuk pembentukan pemerintah transisi di Palestina dan menyelenggarakan pemilu.

"Mari kita menempuh jalan yang lurus dan membentuk pemerintah," kata Abbas, mengacu pada pemerintah sementara yang akan memerintah di Tepi Barat dan Jalur Gaza, wilayah yang dikuasai Hamas, sampai pemilu usai.

Pada akhir pekan lalu, Hamas menuduh Abbas, Fatah, dan kantor Kepresidenan Palestina telah memblokir rekonsiliasi dengan menolak himbauan Qatar untuk penyelenggaraan KTT mini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0379 seconds (0.1#10.140)